• buka puasa
  • Untitled 1 copy
  • tropika 5
  • Fakultas Pertanian Unimal BKS PTN 2016BKS PTN 2016
  • IMG 20180725 WA0005
  • Untitled 11 copy
  • irigasi
  • kuliah umum agb 3
  • bmkg
  • Untitled 2 copy
  • IMG 20180725 WA0007

Fakultas Pertanian Unimal Sukses Menggelar Seminar Nasional - BKS-PTN 2016

LHOKSEUMAWE - Fakultas Pertanian Universitas Malikussalaeh (FP Unimal) telah menggelar Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (Semirata) Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Barat selama tiga hari di Gedung Pascasarjana dan Gedung ACC Unimal di Cunda, Kota Lhokseumawe, Aceh. Ketua Penyelenggara, Halim Akbar kepada GoAceh, Selasa (9/8/2016) mengatakan, kegiatan ini berlangsung 4-6 Agustus. Sedangkan field trip dilakukan ke Banda Aceh dan Kota Sabang sampai 8 Agustus kemarin. Pesertanya sebanyak 200 orang berasal 31 institusi, yanki 26 institusi negeri dan 5 institusi swasta dari 15 provinsi wilayah barat Indonesia. Sedangkan BKS PTN Wilayah Barat mencakup kampus negeri di Pulau Sumatera, Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jakarta, Banten dan Provinsi Jawa Barat.

Lanjut Halim, kegiatan ini diangkat tema “Merancang Masa Depan Pertanian Indonesia di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)”. "Alhamdulillah Fakultas Pertanian Unimal telah melaksanakan amanah dari BKS-PTN Wilayah Barat yaitu sebagai tuan rumah penyelenggara Semirata tahun 2016," ujar Pembantu Dekan tersebut. Kegiatan BKS-PTN 2016 ini merupakan even akbar perdana selama kepemimpinan Dekan Mawardati. Adapun rangkaian pelaksanaan, bidang pertanian meliputi seminar nasional dengan narasumber Ageng Setiawan H (Assistant Food Agricultural Organization Representative in Indonesia (FAOR Programme), dan Mukti Sardjono (Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Lingkungan). Kemudian dalam rapat tahunan dekan, ada beberapa keputusan, antara lain Fakultas Pertanian Universitas Bangka Belitung (UBB) sebagai tuan rumah BKS-PTN Barat 2017, dan terpilihnya Sudarjat (Dekan FP Unpad, Bandung) sebagai Ketua BKS PTN Wilayah Barat bidang ilmu pertanian. Sudarjat menggantikan Radian (Dekan FP Untan, Pontianak).

Selanjutnya ada juga kegiatan seminar hasil-hasil penelitian dari sejumlah peneliti (yang masuk ke panitia 229 judul abstrak), 16 di antaranya berupa poster. Untuk poster dan pemakalah terbaik tahun ini dimenangkan oleh delegasi dari Untan Pontianak, Kalimantan Barat. Sementara penutupan kegiatan dilaksanakan di pendopo Bupati Aceh Utara pada Jumat malam. Kemudian dilanjutkan field trip ke Banda Aceh dan Sabang. Di Kota Banda Aceh, peserta diajak berkeliling kota untuk mengikuti wisata tsunami. Sementara di Sabang berkunjung Pantai Iboih.

Sumber : http://www.goaceh.co/berita/baca/2016/08/09/fakultas-pertanian-unimal-sukses-menggelar-seminar-nasional/