• tropika 5
  • buka puasa
  • irigasi
  • tropika 3
  • bmkg
  • tropika
  • tropika 3
  • ddit

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Gelar Kuliah Umum

Kewirausahaan (Entrepreneurship) atau Wirausahawan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan usaha. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu usaha. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Seorang wirausahawan selalu diharuskan menghadapi resiko atau peluang yang muncul, serta sering dikaitkan dengan tindakan yang kreatif dan innovatif. Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih bernilai (besar) daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru.

Melihat pentingnya arti enterpreuneurship dewasa ini, makanya program Studi Agribisnis berinisiatif melaksanakan Kuliah Umum kewirausahaan. Kuliah Umum ini dilakukan untuk memberi pengetahuan lebih kepada mahasiswa Program Studi agribisnis tentang wirausaha.Adapun kegiatan kuliah Umum kewirausahaan kali ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 November 2016 bertempat di aula Sultan Malikusaleh Universitas Malikussaleh.

Kuliah Umum kewirusahaan kali ini mengangkat tema “agrotechnopreuneurship” dan yang menjadi Narasumber adalah Ir. T.Fauzi, M.Agr. Tema ini dipilih karena dipandang perlu untuk menyampaikan tentang menjadi wirausaha yang berbasis pertanian dengan memanfaatkan teknologi. Dalam penyampaiannya Ir. T. Fauzi menyorot tentang pemanfaatn teknologi dalam menjalankan Bisnis di bidang pertanian. Menurut Beliau dewasa ini pertemuan penjual dan pembeli sudah mengalami pergeseran, sudah mulai ada antara produsen dan konsumen itu tidak lagi berjumpa pada saat terjadinya transaksi, karena bisa saja deilakukan secara online.

Kenapa hal ini (pemanfaatan teknologi) tidak dipergunakan juga oleh para petani ataupun pengusaha di bidang pertanian untuk meningkatkan nilai penjulannya. Istilah Ir. T. Fauzi tersebut adalah farm business on the table. Seharusnya Bidang pertanian juga mampu mengadopsi cara-cara ini dalam meningkatkan nilai penjualan produk pertanian dimana penjualan tersebut akan berbanding lurus dengan peningkatan leba/keuntungan yang diperoleh dalam usaha tani.

3 2

Pelaksanaan kegiatan kuliah umum Prodi Agribisnis ini di Ketuai oleh Riyandhi Praza, SP., M.Si. dalam laporannya Panitia menyambaikan rasa yang teramat senang atas kesediaan dari Bapak Ir. T. Fauzi bisa hadir memberikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Kegiatan Kuliah Umum itu sendiri dibuka oleh Pembantu Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Dalam sambutannya Beliau mengapresiasi program studi Agribisnis yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan Kuliah Umum kewirausahaan ini. Beliau berharap acara seperti ini tidak hanya kuat dalam teori saja, namun bisa terwujud dalam bentuk aplikatif. Beliau menyampaikan ke depan dunia kerja akan semakin komptetitif, sehingga dibutuhkan lulusan yang mempunyai soft skill dalam kehidupan. Jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa harus selalu ditumbuhkan dan dikembangkan agar ke depan mahasiswa setelah menjadi sarjana nantinya bisa berinovasi menjadi pribadi-pribadi yang mempunyai inovasi dalam membuka lapangan pekerjaan (Pengusaha).