• buka puasa
  • tropika 3
  • bmkg
  • irigasi
  • tropika 5
  • tropika 3
  • tropika
  • ddit

Fakultas Pertanian Unimal Selenggarakan Kegiatan Pengawalan/Pendampingan Petani 2017

pendampingKementrian Pertanian melalui Program Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung dan kedelai (Pakale) telah berhasil mendorong terwujudnya swasembada berkelanjutan untuk Komoditas Padi dan jagung tahun 2017. Untuk mendukung program dan mempertahankan swasembada dan swasembada berkelanjutan, Pemerintah melaui Kementrian Pertanian pada tahun 2017 ini kembali membuat program untuk penguatan Perbenihan/perbibitan bagi komoditas strategis pangan pertanian. Program ini turut melibatkan Perguruan Tinggi yakni Fakultas Pertanian/Peternakan sebagai mitra Kementrian Pertanian. Sebagai mitra Perguruan Tinggi menyiapkan tenaga pengawalan/pendampingan yang diambil dari para alumni.

          Salah satu Perguruan Tinggi Mitra yang ditunjuk di Provinsi Aceh adalah Universitas Malikussaleh melalui Fakultas Pertanian.Dalam pelaksanaan Program ini Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melibatkan 2 dosen pendamping dan 20 alumni. Dosen Pendamping dan alumni dari Universitas Malikussaleh ini ditempatkan di Kabupaten Bireun pada 8 Kecamatan penerima bantuan. Sebagai Penanggung jawab kegiatan ini adalah Dekan Fakultas Pertanian Dr.Ir Mawardati,M.Si., sedangkan koordinator Kegiatan ini dipercayakan kepada Dr.Ir. Halim Akbar, M.Si

pendamping 1Untuk mendukung kegiatan Pendampingan/ pengawalan petani ini Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh telah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada tenaga pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 3 Oktober 2017 bertempat di Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Mawardati, M.Si, turut hadir dalam kegiatan bimtek tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bireun, yang pada kesempata ini diwakili Sekretaris Dinas Ir. Syahrul.

         

Koordinator Kegiatan Pendampingan/Pengawalan Petani Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Dr. Ir Halim Akbar, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan/pengawalan petani ini merupakan kegiatan yang bersumber dari APBN-P Kementrian Pertanian RI Tahun 2017. Kegiatan Pengawalan ini adalah Kegiatan pencegahan/preventif dan pengendalian yang dilakukan secara terintegrasi antara Kementrian Pertanian dengan Dinas Pertanian dan Perguruan tinggi mitra. Kegiatan pendampingan/pengawalan Petani ini merupakan perdana yang didapat oleh Fakultas Pertanian Universitas Malikusssaleh. Pada kesempatan ini kepada Universitas Malikussaleh dipercayakan untuk mengawal dan mendampingi 1000 Ha tanaman kedelai dan100 Ha tanaman Kakao.