• Untitled 2 copy
  • IMG 20180725 WA0005
  • IMG 20180725 WA0007
  • Untitled 11 copy
  • irigasi
  • tropika 5
  • buka puasa
  • Fakultas Pertanian Unimal BKS PTN 2016BKS PTN 2016
  • Untitled 1 copy
  • kuliah umum agb 3
  • bmkg

Tingkatkan Mutu Akademik, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Gelar Workshop Penyusunan SOP

SOP 2Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh terus berusaha meningkatkan mutu bidang akademik di bawah koordinasi Gugus Jaminan Mutu (GJM). Oleh karena itu GJM melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Workshop Penyusunan SOP (Standard Operating Procedures) di Ruang Rapat Dekan Fakultas Pertanian, Kamis (26/4).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari para Ketua dan Sekretaris Program studi dan Unit Jaminan Mutu (UJM) masing-masing prodi yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh

Ketua GJM, yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Ratri Candrasari, M.Pd mengatakan, SOP merupakan pedoman pelaksanaan kegiatan bagi para dosen dan karyawan dalam melaksanakan tugas pelayanan di unit kerja masing-masing. SOP juga berguna bagi para penerima layanan (mahasiswa) agar dapat mengetahui dan memahami prodesur layanan akademik di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Sedangkan manfaat bagi karyawan, SOP bermanfaat untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan prosedur dalam memberikan pelayanan, serta memberikan informasi yang diperlukan dalam menyusun standar pelayanan.“Sehingga harapannya dapat menjamin efisiensi, dan efektifitas kinerja organisasi dalam mencapai tujuannya,” jelas Ratri.

SOP 1Kegiatan  ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, Dr. Ir. Mawardati., M.Si. Dalam sambutannya, Mawardati menjelaskan bahwa Fakultas Pertanian berkomitmen dalam penyelenggaraan pendidikan yang unggul, memuaskan, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga diperlukan adanya Standar Prosedur Operasional (SOP) dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam hal akademik. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Fakultas Pertanian senantiasa dituntut untuk memperbaiki proses penyelenggaraan pelayanan baik di fakultas, prodi dan unit lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Dr. Ir. M. Aman Yaman dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Dia menyampaikan bahwa SOP adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan, sehingga ada beberapa prinsip penyusunan SOP yaitu; Pertama, SOP harus ditulis secara jelas, sederhana dan tidak berbelit-belit sehingga mudah dimengerti dan diterapkan untuk satu kegiatan tertentu. Kedua, SOP harus dapat menjadi pedoman yang terukur baik mengenai norma waktu, hasil kerja yang tepat dan akurat, maupun rincian biaya pelayanan dan tatacara pembayaran bila diperlukan adanya biaya pelayanan. Di sesi akhir dari rangkaian acara workshop SOP ini diisi dengan praktek pembuatan SOP.