• IMG 20180725 WA0003
  • tropika
  • IMG 20180725 WA0004
  • IMG 20180725 WA0005
  • tropika 3
  • kuliah umum agb 3
  • irigasi
  • tropika 5
  • buka puasa
  • bmkg
  • IMG 20180725 WA0007

Milenia Dzikra Juarai Lomba Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh 2018

mawapres 2018Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan agenda tahunan yang rutin diselengarakan oleh fakultas Pertanian. Para mahasiswa dari berbagai program studi di lingkungan fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh secara terbuka untuk mendaftarkan diri menjadi peserta. Namun panitia memiliki kriteria khusus tentunya dalam membuat pilihan diantaranya adalah kemampuan berbahasa Inggris, pembuatan karya ilmiah yang bebas unsur plagiat serta prestasi non akademik seperti bidang seni dan olahraga.

Pada tahun 2018 yang menjadi ketua panitia dalam kegiatan ini adalah Nurasih Shamadiyah, S.Ant., M.Sc. Menurut Nurasih tema yang diusung dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian 2018 ini adalah “Menghasilkan Cendekiawan Muda Yang Berakhlak dan Berprestasi Yang Siap Memasuki Era Agriculture 4.0”.

Dalam pidatonya Nurasih menyampaikan bahwa ada 2 tahapan proses pemilihan mahasiswa berperstasi tahun ini yakni seleksi berkas dan presentasi karya tulis ilmiah. Pada tahapan seleksi berkas terdapat 17 mahasiswa Fakultas Pertanian yang mendaftarakan diri yang berasal dari 4 program studi yakni Agroteknologi, Agribisnis, Akuakultur dan Ilmu Kelautan. Dari 17 orang tersebut, 10 orang yang lulus sebagai finalis dan akan dipilih dalam tahapan akhir nantinya. Adapun kesepuluh finalis tersebut yakni:

Sri Ratih Badriani : Program Studi Agribisnis                      Fathon Hafizs Chuanto       : Program Studi Agribisnis
Haris Rahman : Program Studi Agribisnis Putri Asyifa : Program Studi Agroekoteknologi
Milenia Dzikra Az Zahra     : Program Studi Agroekoteknologi Ramadania : Program Studi Agroekoteknologi
Rifka Khairina : Program Studi Akuakultur Diralia Safitri : Program Studi Akuakultur
Dinda Nekhla : Program Studi Akuakultur Dodi Fanhalen : Program Studi Ilmu Kelautan

Kesepuluh finalis ini diminta untuk mempresentasikan hasil karya tulis yang telah mereka buat dan akan dinilai oleh para dewan juri yang telah ditentukan oleh panitia. Dewan juri yang dipilih berdasarkan latar belakang keilmuan yang mereka miliki.mawapres 2018 1

Acara pemilihan sendiri dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 September 2018 bertempat di Aula Gedung Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Mawardati., M.Si. yang dalam sambutannya Mawardati berharap agar mahasiswa tidak hanya berfokus pada persoalan akademik saja, namun perlu juga melakukan pengembangan diri dengan ikut dalam kegiatan-kegiatan pengabdian dan penelitian juga. Mawardati juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini diperlukan agar merangsang mahasiswa untuk memiliki prestasi selama berada di bangku perkuliahan.

Dalam acara pemilihan itu akhirnya terpilihlah Milenia Dzikra Az Zahra sebagai Juara I Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian 2018. Milenia mempresentasikan makalah dengan judul Diversifikasi Ketela Rambat (Ipomea Batatas) sebagai Pahlawan Menuju Ketahanan Pangan Indonesia. Milenia berhasil mengalahkan 9 finalis lainnya dan berhak mewakili Fakultas Pertanian dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Universitas nantinya.