• buka puasa
  • tropika
  • bmkg
  • tropika 3
  • tropika 5
  • IMG 20180725 WA0007
  • IMG 20180725 WA0003
  • kuliah umum agb 3
  • irigasi
  • IMG 20180725 WA0005
  • IMG 20180725 WA0004

BPTP Balitbangtan Aceh Laksanakan Sinkronisasi Kegiatan Penelitian dan Pengkajian

Untitled 2 copyLhokseumawe (25/7).  BPTP Balitbangtan  Aceh melaksanakan Sinkronisasi Kegiatan Penelitian dan Pengkajian dengan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal), Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Aceh  Utara,  diikuti oleh Fakultas Pertanian UNIMAL dan para Kasie Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Aceh Utara, serta para mahasiswa FP Unimal. Kegiatan diawali dengan  seremonial perpanjangan MOU antara BPTP Balitbangtan Aceh dengan Fakultas Pertanian Unimal tahap 2 yang berlaku 2018  - 2023.

Dekan Fakultas Pertanian Unimal, Dr. Mawardati, M.Si, dalam sambutannya  menyampaikan  apresiasi positif terhadap program kerja bersama selama ini,  ke depan hendaknya  kita harus lebih bersinergi dalam kegiatan penelitian/kajian bersama dengan cara  mengusulkan kegiatan penelitian kolaborasi yang didanai Kementerian Pertanian ataupun kementerian lainnya.

2 Mou unimalDalam mendukung kemajuan pembangunan pertanian di Kabupaten Aceh Utara program yang spesifik  telah disusun oleh Universitas Malikussaleh dalam hal ini Fakultas Pertanian dengan  Menristek-Dikti adalah pengembangan teknologi minyak atsiri (nilam dan serai wangi) dari hulu sampai produk akhirnya dan menjadi grand design pengembangan komoditi spesifik lokasi di Kab. Aceh Utara.

Kepala BPTP Balitbangtan Aceh, Ir.  M. Ferizal, M.Sc, dalam sesi materi Arah Kebijakan dan Strategi Penelitian mendukung pembangunan pertanian di provinsi Aceh menyampaikan bahwa tugas utama BPTP adalah mengembangkan dan penyebarluasan teknologi pertanian yang telah dikaji kelayakan sehingga menguntungkan petani/pengguna lainnya.

Dalam rangka merakit dan mendiseminasikan teknologi  inilah kita bisa bersinergi agar teknologi yang kita  hasilkan lebih tepat sasaran dan lebih cepat sampai dan digunakan oleh petani/pengguna lainnya.

Agar usulan penelitian/kajian mempunyai nilai "bargaining" yg besar kita harus bekerja sama (lembaga riset dengan perguruan tinggi) pada ranah kajian yang spesifik dan harus sesuai dengan 9 unggulan komoditi nasional ataupun komoditas unggulan daerah.

Kemitraan penyuluhan pertanian antara petani, pemerintah dan universitas untuk dapat membuka peluang tema-tema penelitian yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan teknologi di masyarakat, 3 Mou unimalterutama pada lahan-lahan marginal (lahan  kering dan rawa) maupun melalui metode budidaya non konvensional seperti pemanfaatan tanaman sela/di bawah naungan untuk tanaman padi, kedelai, jagung dan lainnya.

Penguatan kerjasama antara BPTP Aceh dan Unimal juga dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kegiatan Proyek Pengembangan Pertanian di Kabupaten Aceh Utara yang akan didanai oleh Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2019, dimana Universitas Malikussaleh sebagai pelaksana utama dan BPTP Aceh akan mendukung pada bidang penelitian dan pengembangan.

Sumber: BPTP Balitbangtan Aceh