AGROEKOTEKNOLOGI

Written by Redaksi Pertanian on .

Fakultas    : Pertanian 

Ketua Program Studi : Dr.Ismadi,S.P.,M.Si.

Sekretaris Program Studi : Dr. Maisura,S.P.,M.P.

Ketua Unit Jaminan Mutu : Dr. Nasruddin, S.P.,M.Si.

Website : https://pmaet.unimal.ac.id/

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Deskripsi :

Program Studi Magister Agroekoteknologi dibuka berdasarkan Surat Keputusan MENRISTEKDIKTI Nomor 275/KPT/I/2017, tanggal 14 Juni 2017. Program Studi Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh merupakan program Strata Dua (S2), yang berorientasi Akademik dan Profesional. Pembukaan Program Studi Magister Agroekoteknologi dimaksudkan untuk menjawab dinamika perkembangan ilmu pertanian yang semakin kompleks di era globalisasi. Menjawab tantangan yang semakin besar dan kompleks, maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Program Studi Magister Agroekoteknologi bertujuan untuk menghasilkan peneliti dan praktisi handal yang dapat mengembangkan dan memanfaatkan potensi lokal untuk mendukung perkembangan dan pembangunan pertanian serta menghasilkan sumber daya manusia yang ahli dibidang pertanian.

Program Studi Magister Agroekoteknologi memiliki beberapa keunggulan (1) Staf pengajar yang berkualifikasi pendidikan S3 alumni dari dalam dan luar negeri. (2) Bidang kajian yang ditawarkan yaitu Agronomi dan Bioteknologi, Ilmu Tanah dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT). (3) Sarana dan prasarana laboratorium yang terdiri dari (1) Laboratorium Agroekoteknologi (2) Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman (3) Laboratorium Ilmu-Ilmu Dasar Pertanian (4) Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman (5) Laboratorium Ilmu Tanah (6) Kebun Percobaan dan Buah Tropika

Visi

“Menjadikan Program Studi Unggulan berbasis riset dan kearifan lokal dalam Pengembangan IPTEK dan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan pada tahun 2020”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan pada jenjang strata dua (S2) dalam  bidang pertanian yang berorientasi pada kebutuhan pembangunan lokal dan  nasional dalam rangka peningkatan produksi pertanian.
  2. Melaksanakan penelitian untuk   pengembangan   ilmu   pengetahuan   dan teknologi dalam bidang pertanian yang mengakar pada kearifan lokal.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan menerapkan hasil penelitian dalam bidang pertanian untuk kepentingan masyarakat.
  4. Menjalankan peran sebagai mitra pemerintah, khususnya pemerintah daerah, dengan memberikan   secara   aktif   bantuan   konsultasi,   pendidikan   dan pelatihan, serta penyuluhan menyangkut permasalahan yang dihadapi dalam bidang pertanian kepada masyarakat secara langsung.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi Magister Pertanian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertanian.
  2. Menjadi pusat inovasi dan informasi serta layanan dalam bidang pertanian, bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di dalam maupun di luar negeri
  3. Membantu pemerintah dalam   upaya  mengatasi  masalah  dalam  bidang pertanian terutama dalam upaya peningkatan produksi  dan  penanganan hasil terutama tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.
  4. Menghasilkan produk-produk dan layanan penelitian di bidang pertanian yang berkaitan dengan bidang pertanian dalam usaha meningkatkan pendapatan para petani.
  5. Mengembangkan dan menerapkan  IPTEK  dalam  lingkup  Pertanian  dan lingkungan dalam pembangunan bangsa .