Profil Prodi Akuakultur

TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan
Tujuan umum adalah menghasilkan sarjana perikanan yang mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur pada lingkungan perairan payau. Tujuan khusus adalah menghasilkan sarjana perikanan dengan kompetensi lulusan sebagai:
a. Akademisi
Mampu mengembangkan dan menyampaikan pengetahuan kepada konsumen pendidikan di bidang akuakultur.
b. Wirausaha
Mampu mengembangkan usaha dan tanggap resiko atas usahanya dalam bidang akuakultur.
c. Analis
Mampu menganalisis permasalahan dan kebutuhan terkait kegiatan di bidang akuakultur.
d. Manajer
Mampu mengelola suatu pekerjaan dan menjadi pemimpin komunitas dalam bidang akuakultur.
e. Peneliti
Mampu mengeksplorasi potensi perikanan melalui kegiatan penelitian.
f. Penyuluh
Mampu mensosialisasikan pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur kepada masyarakat.
Sasaran
Sasaran pendidikan pada Program Studi Akuakultur adalah:
- Menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi dan handal di bidang akuakultur.
- Menjadi program studi dan pusat inovasi unggulan dalam riset di bidang akuakultur pada lingkungan perairan payau yang berbasis riset dan sumber daya lokal.
- Menjadi fasilitator yang tanggap perkembangan pengetahuan dan teknologi akuakultur untuk pemberdayaan masyarakat.
PROFIL LULUSAN
a. Akademisi
Mampu mengembangkan dan menyampaikan pengetahuan kepada konsumen pendidikan di bidang akuakultur.
b. Wirausaha
Mampu mengembangkan usaha dan tanggap resiko atas usahanya dalam bidang akuakultur.
c. Analis
Mampu menganalisis permasalahan dan kebutuhan terkait kegiatan di bidang akuakultur.
d. Manajer
Mampu mengelola suatu pekerjaan dan menjadi pemimpin komunitas dalam bidang akuakultur.
e. Peneliti
Mampu mengeksplorasi potensi perikanan melalui kegiatan penelitian.
f. Penyuluh
Mampu mensosialisasikan pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur kepada masyarakat.
SIMPEG UNIMAL | SIMKEUNIMAL | E-LEARNING | SIA UNIMAL | ARSIP UNIMAL | LPPM | |||||
KEMEDIKBUD | SIMLITABMAS | BALAI - KKP | SINTA | PERPUSNAS | ACEH |